top of page

Akurasi Flow Meter

Kesalahan umum terbesar dalam pembelian Flow meter adalah kurangnya data dan spesifikasi dalam memilih jenis, type atau model flow meter. Minimnya pengetahun flow meter tentang jenis, model dan type flow meter mempunyai peranan penting dalam menentukan pemilihan flow meter. Biasanya Para Pembeli flow meter hanya didasrkan pada 2 kriteria saja, yaitu bisa membaca debit aliran ( bisa berfungsi) dan harga yang terjangkau. Sehingga saat beberapa lama flow meter digunakan yang terjadi adalah biaya maintenance yang tinggi dan tidak tercapainya tujuan dari pemasangan flow meter.

Untuk pengukuran Fluida yang sangat membutuhkan akurasi, dikarenakan proses maupun harga dari fluida yang mahal, biasanya di tuntut akurasi tinggi pada hasil pembacaan flow meter . Ada

beberapa flowmeter dengan berbagi jenis dan kelebihan serta kekurangan. Namun Begitu ada suatu flow meter dengan kemampuan akurasi yang sangat prima, dimana akurasi bisa mencapai 0.1% bahkan lebih.

Akurasi flow meter biasanya dalam pengoprasian tergantung pada setabilitas temperature dan stabilitas pressure dari aliran fluida. Perubahan pressure bisa juga mempengaruhi akurasi flowmeter begitu juga perubahan temperature akan mempengaruhi hasil totalizer dari volume fluida yang di baca oleh flow meter. Akurasi ini sangat penting khususnya jika flow meter digunakan untuk mengukur cairan yang harganya tidak murah, yang mengakibatkan selisih pengukuran bisa berakibat pada kerugian akumulasi angka yang besar.

Dengan kondisi dan karakteristik suatu fluida baik cairan maupun gas seperti diatas sebaiknya menggunakan flowmeter jenis coriolis mass flow meter yang mampu menjangkau akurasi 0.1% atau dibawahnya. Beberapa keunnggulan dari coriolis flow meter ini adalah :