top of page

Cara Kerja Flow Meter Ultrasonic Portable

Penggunaan Flow meter portable

Flow meter ultrasonic atau ultrasonic flow meter merupakan flow meter yang dapat digunakan pada semua aplikasi seperti pada aplikasi pada gas dan liquid. Ultrasonic flow meter ini ada beberapa yang digunakan namun yang paling luas dan banyak digunakan karena mempunyai karakteristic non contact dan bisa digunakan dengan cara clamp on serta cara pemakaian yang sangat efektif adalah Portable flow meter.

ortable Ultrasonic flow meter merupakan meter jenis inferensial (mengukur secara tidak langsung) yang menentukan kecepatan aliran cairan dengan mengukur waktu transit pulsa suara frekuensi tinggi yang melintasi pipa aliran. Waktu transit adalah waktu yang diperlukan pulsa suara yang melintasi pipa dalam dua arah, yaitu searah dan berlawanan arah dengan arah aliran. Perbedaan waktu yang digunakan untuk melintas dari dua arah tersebut sebanding dengan rata-rata kecepatan aliran. Karena pengukuran aliran berdasarkan waktu transit, maka metode ini disebut juga dengan ultrasonic transit time flow meter.

Untuk metode pada ultrasonic transit time mempunyai keunggulan karena cara kerjanya berdasarkan pada velocity (kecepatan aliran) jadi tidak bergantung dari obyek yang ada di dalam fluida tersebut, sehingga ultrasonic tipe transit time banyak digunakan di dalam custody transfer (product yang diukur mempunyai nilai jual). Selain itu juga tidak ada moving parts (benda bergerak) atau pressure drops (penurunan tekanan). Akurasi yang dihasilkan juga bagus yaitu 0.2 %[2].

jenis flowmeter ultrasonic

Ultrasonic flow meters mempunyai beberapa jenis installasi dimana ini tergantung pada jenis transducer yang digunakan. Seperti yang kita ketahui ada 3 jenis transducer ultrasoonic flow meter yaitu :

  • In line transducer sensor

  • Insertion Transducer sensor

  • Clamp On Transducer Sensor

Khusus untuk jenis transducer Clamp On atau Clip On Ultrasonic flow meter ini bisa diaplikasikan untuk jenis flow meter portable, hal ini dimungkinkan karena transduc