top of page

Cara Memilih Mesin Ice Cream


Mesin pembuat es krim / soft ice cream machine/ hard ice cream machine / frozen yoghurt machine saat ini dengan mudah dapat ditemukan di pasaran dengan berbagai macam type dan kapasitas serta fitur yang sangat beragam.

Mesin-mesin soft ice cream / mesin hard ice cream / gelato / mesin frozen yoghurt tersebut dapat dengan cepat dan mudah digunakan, yang memungkinkan pengusaha ice cream atau bahkan anggota keluarga pun dalam membuat soft ice cream / hard ice cream / frozen yoghurt bermacam rasa dalam berbagai kuantitas dengan mudahnya. Banyak jenis pembuat jenis olahan ice cream ada dan kisaran harga dari Rp. 17 jutaan sampai Rp. 50 jutaan.

Mesin pembuat es krim / soft ice cream / hard ice cream / frozen yoghurt saat ini dengan mudah dapat ditemukan di pasaran dengan berbagai macam type dan kapasitas serta fitur yang sangat beragam. Mesin soft ice cream / hard ice cream / frozen yoghurt tersebut dapat dengan cepat dan mudah digunakan, yang memungkinkan pengusaha ice cream atau bahkan anggota keluarga pun dalam membuat soft ice cream / hard ice cream / frozen yoghurt bermacam rasa dalam berbagai kuantitas dengan mudahnya.

Banyak jenis pembuat jenis olahan ice cream ada dan kisaran harga dari Rp. 17 jutaan sampai Rp. 50 jutaan. Memahami karakteristik atau spesifikasi teknis mesin soft ice cream / mesin hard ice cream / mesin frozen yoghurt beserta sumua fiturnya adalah menjadi penting dan memungkinkan konsumen untuk membuat keputusan yang tepat yang disesuaikan dengan tujuan dan kemampuan masing-masing calon pengusaha ice cream skala kecil menengah.

Seorang pengguna pertama-tama harus memilih dan memperhitungkan jenis pembuat es krim / soft ice cream / hard ice cream / frozen yoghurt yang ditawarkan oleh berbagai produsen dan pemasar mesin tersebut, yang datang baik dalam model dengan kapasitas kemampuan dan fitur minimal, sampai model dengan kapasitas kemampuan yang lebih besar dan fitur-fitur tambahan penunjang kemudahan oprasional mesin tersebut.

Selanjutnya, pertimbangkan jumlah target pasar atau jumlah orang yang akan dilayani oleh mesin tersebut dan jumlah es krim yang harus dibuat, serta berapa lama waktu yang diperlukan untuk memproses dari mulai penyiapan bahan mentah soft ice cream / hard ice cream / frozen yoghurt sampai makanan olahan tersebut siap disajikan. Dan akhirnya, menentukan seberapa sering mesin pembuat es krim tersebut akan digunakan. Semua pertimbangan tersebut akan berdampak terhadap efisiensi ekonomi untuk membenarkan pilihan harga yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Pada saat ini banyak sekali model mesin soft ice cream dipasaran, namun kebanyakan dari pembeli bisanya tidak mengetahui dengan benar dan lengkap kebutuhan mesin yang diperlukan dan biasanya para pembeli mesin mengetahuinya belakangan alias terlanjur beli mesin yang modelnya tidak sesuai dengan yang diniginkan karena tidak cocok dengan bisnis yang digeluti. Dan celakanya setelah membeli mesin dan jika ada persolan penjual hanya lepas tangan.

Kerena itu ada banyak hal yang harus diperhatikan saat akan membeli mesin froyo atau ice cream agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari. ?Yang terpenting pada pembaelian mesin dan harus diperhatikan adalah maslah purna jual mengenai ketersediaan spare part dan service/repair agar supaya mesin yang telah kita miliki akan menjadi rongsokan karena tidak tersedia spare parat atau karena pihak penjual tidak melayani service/repair atau haraga spare part yng menjulang sehingga harga spare part tidak terjangkau.

Komponen-komponen penting dari mesin Ice Cream / soft ice cream machine / mesin es krim :

Kompressor

Kompressor merupakan bagian dari refrigrasi sistem guna mengatur/menciptakan kompresi pada sistem dalam hal ini freon, sehingga terciptalah pendinginan /pembekuan adonan es krim. Area /alat pemebkuan sendiri bisa juga dikatakan sebagai evaporator yang berupa cylinder ( barrel ) dimana didalamnya terdapat shaft screw yang berfunngsi untk mengaduk adonan saat proses pembekuan sehingga pembekuan adonan es krim bisa merata dengan membentuk butir2 es yang lembut.

Kompressor adalah komponen utama dari mesin yang sangat berpengaruh pada mutu es krim baik kualitas dari segi kebekuan maupun kuantitas produk yang dihasilkan. Makin besar kapasitas produk yang dihasilkan maka type kompressor yang dipasang pada mesin ice cream / ice cream machin / mesin frozen yoghurt akan makin besar, begitu juga kebutuhan listriknya.Kualitas dari mesin es krim / mesin soft ice cream kebanyakan ditentukan oleh kualitas dari kompressor.

Semakin bagus kualitas kompressor maka makin bagus performa mesin es krim / mesin soft ice cream, untuk kompressor keluaran eropa ( Jerman, itali, Prancis ) dan Jepang biasanya cukup mahal karena kualitasnya sudah teruji dan life timenya lebih lama.

Cup / Mangkok

Cup/mangkok/drum temp