Colokan dan Soket Listrik di Dunia

Colokan dan soket listrik AC domestik adalah alat yang menghubungkan antara pencatu daya arus listrik bolak balik AC (Alternating Current) dengan peralatan elektronik. Colokan Listrik atau Electrical Plug adalah sebuah penghubung yang dapat dimasukan ke Soket sumber listrik. Sedangkan soket listrik adalah sebuah titik penghubung yang menghubungkan sumber listrik utama dengan alat elektronik, ketika sebuah colokan di ke dalamnya. Soket listrik merupakan lawan dari colokan, dan biasanya memiliki jenis perempuan.

Setiap negara memiliki colokan dan soket listrik yang berbeda tipe, bentuk, ukuran, batasan voltase dan arus listrik nya. Colokan Listrik dan Soket Listrik ini dapat dibedakan menjadi 14 jenis berdasarkan standarisasi dari International Electrotechnical Commission. International Electrotechnical Commission yang disingkat dengan IEC adalah sebuah organisasi non-pemerintah yang menyiapkan dan mempublikasikan standar internasional untuk semua teknologi elektronika dan kelistrikan. Tipe yang digunakan di setiap negara mengacu kepada standar nasional masing-masing. Untuk Indonesia mempergunakan tipe C dan F pada tegangan listrik 220 V dan frekuensi 50 Hz menggunakan standar pembuatan SNI.

Jenis-jenis Colokan Listrik dan Soket Listrik

Berikut ini adalah 14 jenis atau Tipe Colokan Listrik dan Soket Listrik yang telah distandarisasi oleh IEC dan daftar negara yang menggunakan tipe colokan listrik dan soket listrik yang bersangkutan serta standard tegangan dan Frekuensi Listrik yang digunakan.

Dari Tabel diatas dapat dilihat bahwa standar sumber tegangan listrik AC (bolak-balik) yang digunakan oleh negara-negara di dunia ini adalah berkisar diantara 110V hingga 240V dengan Frekuensi Listrik 50Hz dan 60Hz. Ada negara yang menggunakan standar Tipe Colokan dan Socket yang sama, ada juga yang berbeda. Sebagai contoh, Indonesia menggunakan Colokan Listrik (AC Plug) dan Soket tipe C dan tipe F dengan sumber tegangan listrik AC 220V dan Frekuensi 50Hz, sedangkan China juga menggunak standar sumber tegangan listrik yang sama namun China menggunakan Colokan Tipe Colokan dan Soket Tipe A, C dan I.

Related Posts

See All
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square

Contact Us

Jln Satria Raya IV No. 7 BSK Kalimalang Bekasi 17144

Telp  081282084779

Email sales@wmablog.com

Blog :  www.wmablog.com | www.rudywinoto.com

We Accept

© 2018 by wiratama-ma.com

  • LinkedIn - Grey Circle
  • White Twitter Icon
  • White Facebook Icon
  • White Google+ Icon
  • White Instagram Icon
This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now