Flow Meter Open Channel

Posted by Rudy Wiratama in clamp on flow meter, Flow measurement, flow meter air, flow meter limbah, flow meters, installasi flow meter, ultrasonic flow meter, ultrasonic flow sensor, ultrasonic transducer

Flow Meter Open Channel

Posted by Rudy Wiratama in Flow measurement, flow meter air, flow meters, liquid flow meter, open channel flow meter, submersible flow meter

Open Channel Flow meter is a flow meter used to measure a flow in an open system wher the flow is due to a height difference such as the flow of water in the river or channel.

Flow meter open channel adalah flow meter yang dapat diaplikasikan untuk mengukur aliran dengan kapasitas yang sedang seperti pada channel atau parit hingga kapasitas besar seperti pada gorong gorong ataupun sungai.

Open channel flow meter digunakan pada suatu aliran dengan sitem terbuka dan aliran biasanya di dasarkan karena perbedaan ketinggian atau adanya gaya gravitasi jadi tanpa menggunakan pressure dari pompa. Cara kerja dari jenis flow meter open channel adalah menghitung kecepatan aliran dengan mempertimbangkan ketinggian permukaan yang dikalkulasikan terhadap titik luas penampang cahnnel yang dipasang flow meter.

Untuk pengukuran kecepatan aliran bisa menggunakan flow sensor maupun bisa menghitung kapasitas aliran berdasarkan delta pressure akarena adanya perbedaan ketinggian permukaan air.

Pengukuran ketinggian permukaan air bis amenggunakan sensor level dan jika menggunakan velocity cairan bisa menggnakan magnetic flow sensor dan juga bisa menggunakan ultrasonic flow sensor.

Dengan menggabungkan perhitungan velocity hasil dari perhitungan sensor tersebut jika dikalkulasikan dengan luas penampang channel akan di dapat kapasitas aliran atau flow rate aliran atau debit aliran dengan satuan volume per waktu.

Jenis Open channel flow meter